Tuesday, June 20, 2023

Simak Penjelasan dan Dampaknya untuk resesi| PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo -  Resesi adalah istilah yang mengacu kepada kemerosotan ekonomi baik di negara tertentu maupun secara global. Resesi dipengaruhi oleh sejumlah faktor dan menimbulkan berbagai dampak bagi perekonomian masyarakat.

Untuk bisa lebih memahami pengertian resesi, simak penjelasan resesi adalah dan dampaknya berikut ini.

Resesi Adalah
Mengutip dari situs resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia, resesi adalah kondisi dimana terjadinya penurunan aktivitas ekonomi umum secara signifikan di suatu wilayah tertentu yang ditandai dengan terkontraksinya produk domestik bruto (PDB) selama dua kuartal atau lebih secara berturut-turut.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menyebutkan bahwa resesi adalah kondisi dimana perekonomian suatu negara memburuk yang terlihat dari PDB negatif, pengangguran meningkat, serta pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

National Bureau of Economic Research (NBER) AS mendefinisikan resesi adalah sebagai penurunan signifikan dalam aktivitas ekonomi yang tersebar di seluruh ekonomi, berlangsung lebih dari beberapa bulan, biasanya terlihat dalam PDB riil, pendapatan riil, lapangan kerja, produksi industri, dan penjualan grosir-eceran

Secara sederhana, resesi adalah istilah dalam ekonomi untuk menggambarkan kemerosotan aktivitas perekonomian di suatu wilayah tertentu yang disebabkan oleh sejumlah faktor. Adapun faktor-faktor terjadinya resesi antara lain:

Guncangan ekonomi yang mendadak
Transformasi teknologi
Meningkatnya inflasi
Pengelolaan utang yang tidak sehat
Gelembung aset
Tingkat deflasi yang signifikan
Dampak Resesi
Dampak resesi terhadap perekonomian suatu negara sangatlah terasa dan memiliki efek domino. Kehidupan masyarakat sehari-hari juga bisa terganggu karena terjadinya resesi ekonomi. Simak dampak dari resesi ekonomi berikut ini.

1. Pengangguran Meningkat
Perlambatan ekonomi sebagai akibat dari resesi akan membuat sektor riil menahan kapasitas produksi. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akan sering dilakukan di sejumlah perusahaan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bagi suatu perusahaan untuk berhenti beroperasi akibat dari resesi ekonomi.

2. Penurunan Investasi
Saat resesi ekonomi terjadi, kinerja instrumen investasi juga akan mengalami penurunan. Akibatnya, para investor akan mengalihkan dana yang mereka miliki terhadap bentuk investasi lainnya yang lebih aman.

3. Daya Beli Menurun
Resesi adalah kondisi dimana aktivitas perekonomian akan mengalami kesulitan. Hal ini tentu berdampak terhadap daya beli masyarakat. Resesi ekonomi akan membuat masyarakat lebih selektif dalam menggunakan uangnya dengan terlebih dahulu memenuhi kebutuhan hidupnya.

Demikianlah pengertian resesi adalah dan dampaknya terhadap perekonomian. Semoga bermanfaat ya, detikers!


Sumber : Finance.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment