Wednesday, April 5, 2023

Akhir Cerita Bule Italia: Belajar Tari di Yogya, Ngajar di Bali, Dideportasi | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo  -  Allegra Vasconcellos Ceccarelli (38), WN Italia yang viral karena menjadi pengajar tari Bali, akhirnya dideportasi oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar.

Allegra akan dipulangkan kembali ke negara asalnya karena terbukti menyalahgunakan izin tinggal dengan bekerja menjadi pengajar tari di Bali.

Imigrasi Denpasar menyebut Ceccarelli sebagai pemegang Izin Tinggal Terbatas Investor. Namun pada praktiknya, bule itu malah membuka workshop dan mengajar tari Bali. Bahkan, ia juga menawarkan kelas meditasi atau spiritual berkaitan dengan budaya Bali.

"Sore ini (Selasa) pukul 18.05 Wita, yang bersangkutan dideportasi melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan rute terbang Jakarta-Abu Dhabi-Prancis dan dikawal ketat oleh petugas," ujar Kepala Kantor Imigrasi Denpasar Tedy Riyandi, Selasa (4/4/2023).

Sekadar mengingatkan, Imigrasi Denpasar pertama kali mengamankan Ceccarelli pada Minggu, 12 Maret 2023, setelah videonya saat menari Bali dan menawarkan kelas tarian Bali viral di media sosial.

Baca juga: Luhut Turun Tangan Lawan Bule Nakal, Pajak Turis Asing Digaungkan
Sebetulnya, Ceccarelli cukup kooperatif. Saat dipanggil oleh Imigrasi Denpasar, yang bersangkutan memenuhi panggilan dan mendatangi kantor Imigrasi.

Imigrasi Denpasar saat itu belum menemukan pelanggaran yang dilakukan Ceccarelli, apalagi yang bersangkutan mengaku mengajar di tempat terbuka, tanpa paksaan.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Kasi Inteldakim) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar Iqbal Rifai pada Selasa (14/3/2023) sempat berujar bahwa Ceccarelli mengajar di alam terbuka, seperti pantai.

"Dia mengadakan atau mengajarkan tari itu bukan di suatu tempat. Tapi di alam terbuka, seperti tepi pantai. Pengikutnya hanya dua sampai tiga orang saja, yang mau saja, tidak ada paksaan," ungkap Iqbal.

Baca juga: Gereja Berusia 1.000 Tahun Muncul Kembali Usai Kekeringan Ekstrem di Spanyol
Ceccarelli merupakan lulusan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Di sana, ia mendalami tarian. Sayang seusai belajar, ia justru mengomersialkan kepiawaiannya dengan mengajar tari di Bali.

Awalnya, ia sempat mengelak dugaan mencari cuan lewat kelas tari Bali yang dibukanya. Namun, Imigrasi Denpasar saat itu terus mengembangkan pemeriksaan dan kalau ditemukan unsur pelanggaran, bukan tidak mungkin Ceccarelli akan diusir dari Bali.

Sumber : detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment