Wednesday, August 12, 2020

5,7 Miliar Dosis Vaksin Corona Telah Dipesan di Seluruh Dunia | PT Rifan Financindo

  Pemesanan vaksin Corona di seluruh dunia (AFP Photo)

PT Rifan Financindo  -  Meskipun vaksin Corona yang sedang dikembangkan belum terbukti keefektifannya karena masih dalam uji klinis, tapi setidaknya 5,7 miliar dosis vaksin Corona telah dipesan di seluruh dunia.

Seperti dilansir dari AFP, Rabu (12/8/2020) pengiriman pertama vaksin COVID-19 yang dibuat oleh Western Laboratories Inc sering kali diambil alih oleh Amerika Serikat.

Lima vaksin - tiga di negara Barat dan dua di China - berada dalam uji klinis Fase 3 yang melibatkan ribuan orang.

Dalam pengumuman yang mengejutkan, Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim hari Selasa (11/8) bahwa vaksin yang dijuluki "Sputnik V" - diambil dari nama satelit Soviet - memberikan "kekebalan berkelanjutan" terhadap virus Corona.

Saat laboratorium penelitian di seluruh dunia berlomba untuk mengembangkan vaksin, para produsen telah menerima pembiayaan untuk membantu mereka mempersiapkan jutaan dosis siap untuk diberikan pada tahun 2021 atau bahkan sebelum akhir tahun ini.

Universitas Oxford, bekerja sama dengan grup farmasi Swedia-Inggris AstraZeneca, berharap mendapatkan hasil pada September. Sementara perusahaan biotek AS Moderna, bermitra dengan Institut Kesehatan Nasional AS (NIH), menargetkan akhir tahun ini, mungkin November.

700 Juta Dosis untuk AS

Presiden Donald Trump telah meluncurkan "Operation Warp Speed" dalam upaya untuk mengembangkan, memproduksi, dan mendistribusikan vaksin COVID-19 ke semua orang Amerika pada Januari 2021.

Ratusan juta dolar AS telah dialokasikan ke pengembang vaksin, termasuk hampir US$ 500 juta kepada Johnson & Johnson pada akhir Maret.

Amerika Serikat telah mengalokasikan dana ke lebih banyak perusahaan daripada negara-negara lain, dengan harapan salah satu dari mereka akan menghasilkan vaksin untuk melawan virus yang sangat menular ini.

Sejauh ini, Washington telah membagikan setidaknya 9,4 miliar dolar AS kepada tujuh pengembang vaksin dan menandatangani kontrak manufaktur dengan lima di antaranya untuk menyediakan 700 juta dosis vaksin.

Perusahaan yang terlibat adalah: Johnson & Johnson, Moderna, Oxford/AztraZeneca, Novavax, Pfizer/BioNTech, Sanofi/GSK, Merck Sharp dan Dohme.

700 Juta Dosis untuk Eropa

Dua pengembang vaksin - Oxford dan Sanofi- telah menandatangani atau sedang dalam negosiasi lanjutan dengan Komisi Eropa untuk memberikan gabungan 700 juta dosis vaksin Corona.

Inggris, Jepang dan Brasil

Inggris, karena Brexit, sedang menegosiasikan pra-pemesanan 250 juta dosis vaksin Corona terpisah dari empat pengembang.

Jepang mengandalkan 490 juta dosis dari tiga pemasok termasuk 250 juta dari Novavax di Amerika Serikat.

Sedangkan, Brasil memilih model serupa, memesan 100 juta dosis dari AstraZeneca, dan bermitra dengan Sinovac China untuk memproduksi 120 juta "CoronaVac", yang sudah menjalani pengujian lewat orang-orang Brasil.

China dan Rusia

Uji klinis dari dua kandidat vaksin China - Sinovac dan Sinopharm - sedang berjalan dengan baik tetapi hanya beberapa kemitraan internasional yang diumumkan, satu dengan Brasil dan satu kemungkinan dengan Indonesia.

Rusia mengatakan 20 negara telah memesan satu miliar dosis Sputnik V di muka dan dengan mitra asing akan dapat memproduksi 500 juta dosis setahun di lima negara.

Negara Berkembang

The Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI), yang diluncurkan pada tahun 2017 oleh Norwegia, India, Bill and Melinda Gates Foundation dan Wellcome Trust, berupaya memastikan bahwa ada "akses yang adil" ke vaksin di masa depan.

CEPI telah memesan 300 juta dosis dari AstraZeneca untuk puluhan negara berkembang dalam kemitraan dengan The Vaccine Alliance (Gavi).

Miliaran dosis akan diproduksi untuk Asia dan wilayah-wilayah lain oleh Institut Serum India (SII) raksasa, produsen vaksin terbesar di dunia


Sumber: News.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment