Friday, July 7, 2023

Apa 3 Faktor Penting dalam Pilmapres? Mahasiswa Cek Nih | PT Rifan Financindo

PT Rifan  Financindo  -  Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2023 sedang dimulai. Ajang ini merupakan kompetisi mahasiswa berprestasi yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Untuk menjuarai Pilmapres, Mahasiswa Berprestasi 2022 Dimas Ahmad Nurullah Subekti membeberkan ada tiga komponen penilaian, yaitu akademik, non-akademik, dan kegiatan organisasi atau pengabdian masyarakat. Tiga komponen tersebut bertujuan untuk mendefinisikan karakter mahasiswa berprestasi itu sendiri.

"Seleksi pilmapres berlangsung pada tahap fakultas. Proses tersebut meliputi seleksi administrasi, seleksi gagasan kreatif, dan uji publik. Juara mawapres fakultas akan melewati proses karantina universitas sebelum mengikuti seleksi lanjutan," terang Dimas dalam situs Universitas Airlangga dikutip Kamis (6/7/2023).


Dalam komponen penilaian, terdapat faktor penting lainnya yang memengaruhi kejuaraan Pilmapres. Faktor penting tersebut termasuk capaian unggulan, gagasan kreatif, dan kemampuan bahasa Inggris.

Menurutnya, capaian unggulan sendiri memiliki nilai terbesar dalam ajang mahasiswa itu. Bagaimana penjelasannya?

3 Faktor Penting Penilaian Pilmapres
1. Capaian Unggulan
Dimas menjelaskan bahwa capaian unggulan merupakan portofolio prestasi atau hasil istimewa yang mendapat pengakuan selama menjadi mahasiswa. Terdapat tujuh jenis capaian unggulan, yaitu kompetisi, pengakuan, penghargaan, hasil karya, organisasi, pengabdian, dan kewirausahaan.

"Capaian unggulan dalam Pilmapres yang mempunyai nilai terbesar adalah juara perorangan dalam sebuah kompetisi. Menjadi pelatih, wasit, juri, ketua organisasi, atau pemilik usaha dapat kalian cantumkan dalam capaian unggulan ini," jelasnya.

"Selain itu, tanda jasa dan paten sederhana juga mempunyai nilai yang besar," lanjutnya.

2. Gagasan Kreatif
Mahasiswa Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Universitas Airlangga itu menerangkan, gagasan kreatif merupakan portofolio berbentuk esai ilmiah yang mencakup konsep dan strategi masalah yang sesuai dengan SDGs.

3. Kemampuan Bahasa Inggris
Ketiga, kemampuan bahasa Inggris yang ditampilkan dalam komunikasi dan presentasi ide.

"Urutan penilaian dalam berkomunikasi Bahasa Inggris dalam Pilmapres mencakup kemampuan presentasi konten, akurasi, kelancaran, dan pelafalan," ujarnya.

Sumber : news.detik

PT Rifan  Financindo

No comments:

Post a Comment