Wednesday, January 24, 2024

Angka Pengangguran AS Naik 3 Kali Lipat & Meluas di 15 Negara Bagian

Tingkat pengangguran meningkat di 15 negara bagian Amerika Serikat (AS) pada Desember atau naik tiga kali lipat dari bulan sebelumnya. Sementara, sebagian besar negara bagian tidak mengalami perubahan.
Dikutip dari Reuters, Rabu (24/1/2024), data Biro Statistik Tenaga Kerja menunjukkan tingkat pekerjaan non pertanian pada dasarnya tidak berubah di semua negara bagian bulan lalu sejak November. Dari tahun sebelumnya, lapangan kerja meningkat di 30 negara bagian, tapi 20 negara bagian dan DC tetap tidak berubah.

Massachusetts dan Rhode Island mengalami peningkatan pengangguran sebesar 0,3 poin secara persentase yang merupakan peningkatan terbesar dari bulan ke bulan di antara negara bagian.

Tingkat pengangguran Minnesota turun 0,2 poin yang merupakan satu-satunya negara bagian yang mengalami penurunan.

Maryland dan North Dakota memiliki tingkat pengangguran terendah yaitu 1,9%. Nevada memiliki tingkat pengangguran tertinggi, tidak berubah dari angka 5,4% di bulan November. Tingkat pengangguran nasional tidak berubah pada 3,7% pada bulan Desember.

Jumlah pekerjaan bertambah sebanyak 216.000 pada bulan Desember, atau lebih tinggi dari November yang bertambah 173.000.

Tiga belas negara bagian dan D.C memiliki tingkat pengangguran sebesar atau di atas 4% yang merupakan angka tertinggi sejak Desember 2022. Angka tersebut mencakup tiga dari enam negara bagian yang menjadi medan pertempuran utama dalam pemilihan presiden tahun ini yakni Michigan, Nevada, dan Arizona.

Secara nasional, tingkat pengangguran masih mendekati level terendah sejak tahun 1960-an.

Sumber : Finance.detik

No comments:

Post a Comment