Friday, January 5, 2024

Carrefour Ogah Jual Pepsi-Lay's di 4 Negara Ini

Carrefour mengumumkan berhenti menjual produk PepsiCo di empat negara di Eropa. Produk milik PepsiCo itu di antaranya Pepsi-Cola, Mountain Dew, Teem, Dole, Lay's, Doritos, Tropicana, Gatorade, dan Quaker.
Juru Bicara Carrefour mengatakan penyetopan itu berlaku mulai kemarin Kamis (4/1/2024). Adapun negara yang akan menyetop menjual produk PepsiCo, mulai dari Prancis, Italia, Spanyol dan Belgia.

Carrefour mengatakan penyetopan penjualan itu dilakukan karena kenaikan harga produk tersebut yang sulit ditoleransi. Jadi toko-toko Carrefour di empat negara tersebut akan dituliskan bahwa tak lagi menjual produk PepsiCo.

"Mulai hari Kamis, rak-rak produk PepsiCo di toko-toko Carrefour di Perancis, Italia, Spanyol dan Belgia akan memasang tanda-tanda yang menyatakan bahwa toko tersebut tidak akan lagi menyediakan produk-produk tersebut karena kenaikan harga yang tidak dapat diterima," terang Juru Bicara Carrefour, dikutip dari Reuters, Jumat (5/1/2024).

Langkah Carrefour ini berdampak pada lebih dari 9.000 toko di empat negara. Jumlah itu merupakan dua pertiga dari sebaran Carrefour secara global yang jumlahnya 14.348 toko, menurut laporan tahunannya pada tahun 2022.

Berdasarkan pantauan Reuters, produk PepsiCo, seperti Cheetos dan 7Up tidak tersedia di supermarket Carrefour di distrik mewah ke-16 Paris mulai kemarin. Sementara produk lainnya, termasuk Pepsi, masih ada di rak.

Namun, pelanggan di sejumlah negara tersebut mengaku tidak heran dengan langkah Carrefour. Seperti pelanggan Edith Carpentier yang mengatakan tidak masalah dengan langkah Carrefour, karena sejatinya jika harga produk semakin mahal juga tidak akan dibeli pelanggan.

"Ini sama sekali tidak mengejutkan saya. Saya pikir akan ada banyak produk yang tidak laku karena harganya terlalu mahal, dan semua itu adalah barang yang tidak bisa kita beli," ujar dia.

Carrefour sendiri memang telah menjadi salah satu ritel yang paling aktif yang menentang produk besar dan perusahaan makanan mengenai harga. Bahkan, perusahaan juga pernah menentang penyusutan ukuran produk tetapi harga jualnya semakin mahal.

Sementara tanggapan dari PepsiCo, pihaknya masih akan berusaha untuk menjalin kerja sama baik dengan Carrefour. Keduanya disebut juga akan membicarakan terkait dengan harga.

"Kami telah berdiskusi dengan Carrefour selama berbulan-bulan dan kami akan terus menjalin itikad baik untuk mencoba memastikan produk kami tersedia," kata PepsiCo dalam sebuah pernyataan.

Sumber : Finance.detik

No comments:

Post a Comment