Wednesday, January 4, 2023

Pantes Banyak Dijual, Bisnis SPBU Sekarang Modal Selangit Balik Modal Lama | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo  -  Tiba-tiba marak SPBU yang dijual di platform online. Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) pun buka suara terkait hal itu.

Ternyata memang bisnis SPBU sudah tak lagi menarik. Penyebabnya pengeluaran yang besar, terutama dari sisi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Besarnya pengeluaran tersebut membuat balik modal dari bisnis SPBU semakin lama.

Ketua Hiswana Migas DPD III Juan Tarigan menjelaskan, besaran investasi SPBU tergantung dari daerah atau lokasi. Namun, dia mengatakan, untuk investasi SPBU di luar tanah sekitar Rp 6 miliar hingga Rp 10 miliar.


"Tergantung daerah, pokoknya di luar tanah itu, ya hampir sekitar let's say lah Rp 6-10 miliar di luar tanah, tergantung tanahnya nih," katanya kepada detikcom, Rabu (4/1/2023).

Ia sendiri tak bisa memberikan keterangan lebih detil jika investasi itu memasukkan harga tanah. "Saya tanah kurang hafal," ujarnya.

Lanjutnya, dengan modal segitu, investasi SPBU dulunya bisa balik modal sekitar 8 sampai 10 tahun. Untuk sekarang, ia mengonfirmasi bisa lebih lama.

"Mungkin sekitar 8 sampai 10 tahun ya, PP (payback period) nya itu. Kalau sekarang mungkin nggak sampai kali ya. (Lebih lama?) Betul-betul," ujarnya.

Sumber : Finance.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment