Wednesday, February 1, 2023

3 'Penjual' Rokok Terkaya di RI, Hartanya Bikin Geleng-geleng | PT rifan Financindo

PT rifan Financindo   -  Industri rokok jadi salah satu industri terbesar di Indonesia. Karenanya tidak heran bila para pemilik usaha di industri rokok dan tembakau ini memiliki harta kekayaan dengan nominal yang sangat fantastis.

Lantas siapa saja bos rokok terkaya di Indonesia? Berikut daftarnya.

1. Robert Budi & Michael Hartono
Urutan pertama dalam daftar tersebut masih diduduki oleh Budi Hartono dan Michael Hartono. Kedua kakak-beradik ini merupakan pemilik dari salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, PT Djarum.

Berdasarkan laporan dari Forbes Indonesia's 50 Richest, Kedua kakak beradik ini ditaksir mengantongi kekayaan sebesar US$ 47,7 miliar atau setara dengan Rp 715,5 triliun. Karenanya tidak heran bila keduanya berhasl mempertahankan posisi pertama sebagai orang terkaya Indonesia selama bertahun-tahun.

2. Susilo Wonowidjojo
Presiden Direktur PT Gudang Garam Tbk Susilo Wonowidjojo. Ia adalah putra dari mendiang pendiri PT Gudang Garam Tbk, Tjoa Jien Hwie alias Surya Wonowidjojo yang meninggal sejak tahun 1985.

Berdasarkan catatan Forbes Indonesia's 50 Richest, kekayaan bos rokok ini mencapai US$ 3,5 miliar atau setara Rp 52,5 triliun. Dengan kekayaannya ini ia berhasil menempati peringkat ke-14 sebagai orang terkaya di RI.

3. John Kusuma
John Dharma J Kusuma atau akrab dikenal sebagai John Kusuma merupakan sosok yang dikenal sebagai konglomerat Indonesia, yang berkecimpung dalam usaha bisnis dan bank.

John termasuk salah satu petinggi dari PT Nojorono Tobacco International (Nojorono), yang merupakan pabrik rokok yang didirikan pada 14 oktober 1932 oleh Ko Djee Siong dan Tan Djing Thay dan berpusat di Kota Kudus, Jawa Tengah.

Sejak tahun 1990, tongkat estafet kepengurusan Nojorono dialihkan kepada generasi ketiga keluarganya termasuk John Kusuma. Perusahaan Nojorono Kudus menjadi salah satu perusahaan pelopor rokok kretek di Indonesia, dengan merek populernya Minak Djinggo dan Class Mild.

Meski demikian namanya saat ini sudah tidak lagi masuk dalam daftar orang terkaya RI versi Forbes. Namun berdasarkan laporan Forbes per Rabu (27/4/2022), kekayaannya saat itu mencapai US$ 1,1 miliar atau setara Rp 14,73 triliun

Sumber : news.detik

PT rifan Financindo

No comments:

Post a Comment