Thursday, February 16, 2023

Gokil! iPhone 12 Mini Ini Punya Port Lightning dan USB-C | PT Rifan Financindo




PT Rifan Financindo  -  Fanboy Apple masih menanti kehadiran iPhone dengan USB-C. Tapi seorang YouTuber yang sudah tidak sabar justru menciptakan sebuah inovasi unik: iPhone 12 mini hybrid dengan port Lightning dan USB-C.

Hyphaistos3762, YouTuber asal Korea Selatan, memamerkan kreasinya lewat video berdurasi sekitar enam menit. Dalam video itu ia juga menunjukkan seluruh proses modifikasi, mulai dari membongkar internal iPhone 12 mini sampai menyatukannya kembali.

"Ini adalah video pembuatan iPhone TwinPort. Saya hanya membuatnya berdasarkan ide untuk menggunakan kabel Type-C saat dibutuhkan," tulis Hyphaistos3762 dalam deskripsi videonya yang diterjemahkan dari Bahasa Korea, seperti dikutip dari Gizmodo, Rabu (15/2/2023).

Hyphaistos3762 awalnya membongkar iPhone 12 mini tersebut, melepas speaker-nya, dan membuat tempat baru untuk port USB-C. Setelah itu ia menyambungkan koneksi USB-C yang baru dipasang ke perangkat internal iPhone.

Setelah memodifikasi speaker iPhone 12 mini agar bisa muat di ruang internal yang tersisa, Hyphaistos3762 memasang kembali semua komponen dan casing belakang ponsel tersebut.

Hyphaistos3762 kemudian menghubungkan iPhone 12 mini tersebut ke Mac untuk menunjukkan bahwa port Lightning dan USB-C itu sama-sama berfungsi.

Sepertinya, lewat hasil eksperimen ini Hyphaistos3762 juga bisa mengecas iPhone unik miliknya sekaligus mendengarkan lagu lewat headphone via kabel -- sesuatu yang tidak bisa dilakukan setelah Apple menghilangkan headphone jack di iPhone 7.

Beberapa tahun belakangan iPhone hasil modifikasi yang dipasangi port USB-C memang banyak ditemui. Salah satunya yang sempat viral adalah iPhone X yang dipasangi port USB-C buatan engineer Ken Pillonel yang kemudian dilelang dengan harga USD 86.000.

Untungnya, iPhone dengan USB-C tidak sekedar mimpi lagi karena Apple harus menuruti kebijakan Uni Eropa yang mewajibkan semua gadget menggunakan USB-C. iPhone 15 kabarnya akan menjadi iPhone pertama yang mendukung USB-C, mengikuti produk Apple lainnya termasuk iPad dan MacBook.

Sumber : int.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment