Monday, September 11, 2023

Nggak Sangka! Ada Hamparan Sawah di Tengah Jakarta, Begini Penampakannya

Sudah sejak lama Jakarta dikenal sebagai kota metropolitan yang dipenuhi gedung-gedung pencakar langit. Namun siapa sangka di tengah hiruk-pikuk Ibu Kota masih ada hamparan sawah yang masih digunakan untuk bertani.
Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, Senin (11/9/2023), hamparan sawah ini terletak di kawasan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Lahan pertanian ini berlokasi di dekat tempat pemakaman umum (TPU) Rorotan.

Sementara itu bentangan hamparan sawah ini juga dapat terlihat dari Jl. Inspeksi Kanal Timur yang terletak di samping jalur BKT (Banjir Kanal Timur). Area pertanian yang banyak ditumbuhi padi ini posisinya beberapa meter lebih rendah dari jalan. Diperkirakan sawah ini membentang kurang lebih sekitar 1 kilometer di sisi BKT.

Masuk ke kawasan Rorotan dari samping jalur BKT, terlihat kawasan ini cukup dipadati penduduk. Terdapat cukup banyak rumah berjejer di samping-samping sawah.

Sawah di Jakarta Foto: Ignacio Geordy Oswaldo


Terlihat sawah-sawah ini sudah dipetak-petakan berdasarkan pemiliknya. Sejumlah sawah diduga milik warga sekitar dan ada juga beberapa lahan yang dimiliki oleh pemerintah DKI Jakarta.

Hal ini terlihat dari beberapa petak sawah yang memiliki plang pemiliknya masing-masing. Ada di antaranya yang menunjukkan plang berwarna biru tua milik Pemprov DKI Jakarta. "Dilarang Masuk. Tanah Hak Milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Cq. Dinas Pertamanan dan Hutan Kota," tulis salah satu plang milik pemerintah.

Melihat lebih dekat, sejumlah sawah terlihat masih ditumbuhi padi yang sudah mulai menguning. Hal ini menandakan padi-padi ini sudah semakin siap untuk dipanen.

Sementara itu beberapa hamparan sawah yang lain terlihat sudah rapih usai dipanen. Pada area yang sudah di panen ini, terlihat hanya ada sisa-sisa gabah dan tanaman padi yang sudah terpotong.

Di tengah sawah ini, sesekali ditemui bangunan semi permanen yang diduga merupakan tempat beristirahat para petani. Meski begitu sejauh mata memandang, pagi ini tidak banyak terlihat adanya aktivitas.

Sumber : finance.detik

No comments:

Post a Comment