Wednesday, September 6, 2023

Semanggi-Bundaran Senayan Ditutup Mulai Jam 16.00, Cek Rute Alternatifnya

Jalanan di kawasan Semanggi hingga Bundaran Senayan akan ditutup sementara karena ada gala dinner KTT ASEAN ke-43 yang digelar di Hutan Kota GBK. Penutupan dilakukan mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

"Dalam artian, jam 4 (sore) sampai jam 10 (malam) akan kita sterilisasi utama. Kami sampaikan ini prioritas utama tamu negara dan delegasi dalam kegiatan KTT ASEAN," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Rabu (6/9/2023).

Selain Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin, sterilisasi juga dilakukan di sepanjang Jalan Rasuna Said dan Jalan Gatot Subroto. Latif mengatakan pihaknya akan mengimbau warga mengatur waktu dan rute perjalanan dengan memanfaatkan jalur alternatif.

"Ya, makanya dari kita sudah mulai pengaturan mulai dari Harmoni, yang dari sebelah timur mulai Cawang. Kita manfaatkan ruas-ruas tol Lingkar Luar Selatan dan Utara, begitu juga yang dari arah selatan. Kita manfaatkan betul ruas-ruas arteri yang di luar lingkaran Jalan Rasuna Said, Gatot Subroto, dan Sudirman-Thamrin," kata dia.

Latif berharap masyarakat memaklumi rekayasa lalu lintas yang dilakukan. Dia berharap warga bekerja sama agar KTT ASEAN dapat berjalan lancar.

"Silakan, kita akan mencarikan jalan mereka untuk mencari jalur alternatif. Hanya memang ini sedikit panjang. Memang ada kepadatan karena ruas jalan Sudirman-Thamrin, Rasuna Said, Gatot Subroto, ini kan volume jalannya panjang," kata dia.

"Sekali lagi, kerja sama, pengertian, dengan adanya informasi ini masyarakat tadi, yang tidak berkepentingan, yang kalau tidak penting sekali, yang kalau tidak perlu lewat, itu ya ditunda dulu atau harus cari jalan alternatif sebelum mendekati daripada objek jalan tersebut," imbuhnya.

Berikut rute alternatif saat penutupan jalan dilakukan:

1. Lalu lintas dari Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat melalui Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-Berputar du U-turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar dan seterusnya

2. Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Fahrudin-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Kyai Maja-Jalan Panglima Polim dan seterusnya.

3. Lalu lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Kapten Tendean-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-berputar di U-turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-Jalan S Parman dan seterusnya.

4. Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S Parman-Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan-Jalan RM Margono-Jalan Galunggung-Jalan Dr Saharjo-Jalan Prof Dr Soepomo-Jalan MT Haryono dan seterusnya.


No comments:

Post a Comment