Friday, September 29, 2023

Mengenal Museum Pengkhianatan PKI, Diorama Peristiwa G30S/PKI

Museum Pengkhianatan PKI adalah salah satu museum yang dibangun dalam rangka memperingati peristiwa pemberontakan G30S/PKI (Gerakan 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia). Museum ini berada di kawasan Monumen Pancasila Sakti.

Lantas ada apa saja di Museum Pengkhianatan PKI? Di mana lokasi Museum Pengkhianatan PKI? Bagaimana sejarah dibangunnya Museum Pengkhianatan PKI? Simak serba-serbinya berikut ini:

Profil Museum Pengkhianatan PKI

Menurut situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), Museum Pengkhianatan PKI (Komunis) merupakan museum yang menyuguhkan berbagai diorama peristiwa pemberontakan G30S/PKI. Diorama ini menggambarkan upaya-upaya PKI menggulingkan pemerintahan Indonesia di beberapa daerah.

Selain itu, pada Museum Pengkhianatan PKI juga terdapat berbagai benda-benda bersejarah lainnya yang masih berkaitan dengan tokoh dan peristiwa G30S/PKI. Seperti baju yang digunakan Jendral Ahmad Yani, mobil dinas Jendral Ahmad Yani serta mobil yang digunakan untuk menculik D.I Pandjaitan.

Peristiwa pemberontakan PKI pada 30 September 1965 dapat dilihat di Museum Pengkhianatan PKI. Museum itu menampilkan diorama dengan suara-suara pendukung. Foto: Rengga Sancaya

Sejarah Museum Pengkhianatan PKI

Menurut situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), Museum Pengkhianatan PKI dibangun atas prakarsa Kepala Pusat Sejarah dan Tradisi ABRI, Brigjen TNI Prof. Dr. Nugroho Notosusanto dan disetujui oleh Menhankam/Pangab Jenderal TNI M. Yusuf dan Presiden Soeharto.

Museum Pengkhianatan PKI diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1992 oleh Presiden Soeharto. Museum ini menyajikan peristiwa-peristiwa kekejaman PKI dalam bentuk diorama, yaitu dengan penyajian dalam bentuk tiga dimensi yang berjumlah 34 diorama dengan suara-suara pendukung.

Sejarahnya, bermula pada saat Gerakan 30 September 1965 yang didalangi oleh PKI melakukan pemberontakan yang diawali peristiwa penculikan para petinggi TNI. Para perwira TNI yang diculik itu lalu dibunuh dan jasadnya dimasukkan ke dalam lubang sumur tua di kawasan Jakarta Timur (Lubang Buaya).

Peristiwa yang melibatkan perlawanan antara PKI dan TNI tersebut memakan korban jiwa, terutama para petinggi TNI. Sebagai penghargaan kepada mereka, Pemerintah Republik Indonesia memberi gelar Pahlawan Revolusi.

Selanjutnya untuk mengenang, menghormati, dan menghargai jasa-jasa para Pahlawan Revolusi, dibangun monumen peringatan yang disebut Monumen Pancasila Sakti atau dikenal juga dengan nama Monumen Pahlawan Revolusi. Pada kawasan ini terdapat Museum Pengkhianatan PKI.

Lokasi Museum Pengkhianatan PKI

Lokasi Museum Pengkhianatan PKI berada di kawasan Monumen Pancasila Sakti. Tepatnya berlokasi di Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Untuk waktu berkunjung menyesuaikan jam operasional dari hari Selasa sampai Minggu pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

Monumen Pancasila Sakti merupakan museum khusus yang dibangun dalam rangka memperingati perjuangan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) khususnya Tentara NasionaI Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara dan bangsa, dalam peristiwa G30S/PKI.

Berikut ini beberapa bangunan yang ada di kawasan tersebut, antara lain:

Bangunan bernama "Rumah Penyiksaan". Bagian beranda depan rumah digunakan sebagai ruang penggambaran penyiksaan para petinggi TNI AD dengan patung-patung berukuran sebenarnya (real-life).

Bangunan rumah tua yang digunakan sebagai Pos Komando pasukan pembunuh para petinggi TNI AD. Rumah ini beserta perabotnya masih dilestarikan mendekati kondisinya ketika peristiwa G30S/PKI

Bangunan rumah tua berdinding gedek (anyaman bambu). Bangunan rumah tua ini beserta perabotnya dilestarikan kondisinya menyerupai kondisi ketika digunakan sebagai dapur umum pada peristiwa G30S/PKI.


No comments:

Post a Comment