Tuesday, October 24, 2023

10 Tips Mengelola Keuangan dengan Baik

 Mengelola keuangan merupakan kemampuan yang penting dimiliki bagi setiap orang agar pengeluarannya tetap terkontrol setiap waktunya. Namun, masih banyak orang-orang yang kesusahan untuk mengelola keuangannya.

Lalu, bagaimana cara untuk mengelola keuangan dengan baik? Dikutip dari Glints, Jumat (1/9/2023), berikut tips mengelola keuangan dengan baik.

1. Hitung budget setiap minggu

Budgeting merupakan salah satu hal yang paling penting dalam mengelola keuangan. Setelah menerima gaji, pisahkanlah uang sesuai dengan kebutuhan dan skala prioritas keuangan, contohnya:

* Kesehatan
* Pengeluaran sehari-hari
* Tabungan
* Amal
* Investasi
* Biaya tak terduga

Apabila ingin mengelola keuangan dengan lebih detail, maka lakukan evaluasi keuangan setiap minggunya agar dapat mengetahui pola kebiasaan dalam menghabiskan uang.

Laporan budget dapat dibuat secara manual di cash flow book, Excel, atau aplikasi di smartphone.

2. Membayar utang tepat waktu

Dengan mengetahui beban pokok yang dikeluarkan tiap bulannya, maka pengeluaran bulanan yang dikurangi seharusnya sudah dapat dikira-kira.
Apabila ada pendapatan yang masuk, segera bayar beban pokok dan jangan menundanya agar tidak menumpuk yang dapat menyebabkan pengeluaran tidak terkontrol.

Kurangilah penggunaan kartu kredit agar tidak menambah beban.

3. Investasi diri

Mungkin detikers sudah bosan mendengar saran untuk melakukan investasi emas atau saham. Investasi di sini bukan investasi seperti yang disebutkan di atas, tetapi investasi diri dalam bentuk belajar atau mengembangkan kemampuan.

Investasi diri dapat dilakukan dengan mengikuti kelas atau workshop. Semakin banyak ilmu yang dikuasai, maka semakin besar peluang untuk dilirik oleh perusahaan besar dengan tawaran gaji yang tinggi. Coba sisihkanlah uang untuk mengikuti kelas atau workshop demi mengembangkan kemampuan diri.

4. Tabungan pensiun

Tabungan pensiun lebih baik dipersiapkan sejak dini. Menurut Arag Legal, menyimpan uang atau berinvestasi pada asuransi dan dana pensiun merupakan prioritas utama dalam mengelola keuangan.

Persiapan masa depan yang dapat dilakukan dari sekarang adalah memikirkan apakah akan membeli rumah kedua saat pensiun atau akan pindah kota saat pensiun dengan tabungan yang sudah terkumpul.

5. Gaya hidup

Ubah gaya hidup merupakan hal yang penting dalam mengelola keuangan. Hal ini dapat dimulai dari hal-hal kecil, seperti membawa botol minum setiap hari, membawa bekal ke kantir, dan mengurangi pergi ke cafe.

Sebaiknya persentase budget untuk bersenang-senang dapat dimaksimalkan di 20% dari gaji yang diterima.


No comments:

Post a Comment