Friday, October 27, 2023

Juli Tahun Depan, ASN IKN Sudah Bisa Cicil Pindahan ke Rusun Baru

Jual beli kendaraan bekas masih cukup banyak dilakukan di Indonesia. Hal ini pun bisa jadi berlaku untuk motor listrik, banyak pihak yang bertanya-tanya bagaimana prospek jual beli motor listrik bekas alias second.
Menurut Wakil Ketua Umum Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) Wilson Teoh motor listrik second sampai saat ini belum memiliki standardisasi harga yang umum. Dia bilang harga jual motor listrik second bakal ditentukan dari kondisi baterainya.

"Harga motor second ini faktor penting untuk membeli motor listrik, dari segi harga memang tidak ada standar umum saat ini. Cuma standarnya itu semua sesuai dengan kondisi baterai," kata Wilson di Kantor Kemenkop UKM, Jakarta Selatan, Jumat (27/10/2023).

Wilson menjabarkan baterai menjadi komponen penting dan termahal dalam struktur unit motor listrik. Misalnya ada motor listrik seharga Rp 15 juta, harga baterainya bisa Rp 6 juta sendiri.

"Seperti kita tahu baterai ini adalah komponen terpenting dan termahal dari motor listrik, sekitar 30-40% dari seluruh unit motor itu," ungkap Wilson.

Maka dari itu, menurutnya kondisi baterai motor listrik menjadi komponen penting dalam penyusun harga jual motor listrik second.

"Maka kondisi baterai ini yang sangat tentukan harga jual second motor bekas. Ini kami juga sering koordinasikan dengan balai uji untuk uji kapasitas baterai," sebut Wilson.

Sumber : finance.detik

No comments:

Post a Comment