Wednesday, October 18, 2023

Momen 10 Menit Mencekam KA Argo Semeru Anjlok lalu Ditabrak KA Argo Wilis

KA Argo Semeru anjlok lalu tertabrak KA Argo Wilis di dekat Stasiun Kalimenur, Sentolo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Rangkaian kecelakaan itu terjadi dalam 10 menit.
Dilansir detikJogja, Rabu (18/10/2023), peristiwa itu dilaporkan terjadi pada Selasa (17/10), pukul 13.30 WIB. Kecelakaan bermula saat kereta Argo Semeru dari Surabaya ke Jakarta tiba-tiba tergelincir dari rel.

"Kereta api Argo Semeru berangkat dari stasiun awal dan lepas dari Stasiun Jogja kondisi normal dan jalur juga normal. Tidak ada masalah," kata Manajer Humas KAI DAOP VI Krisbiyantoro kepada wartawan, Selasa (17/10).

Namun tiba-tiba kereta Argo Semeru itu anjlok di jalur rel ruas 520+4 petak wilayah Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo.

"Begitu pukul 13.15 WIB mendapatkan laporan dari masinis KA Argo Semeru terjadi anjlokan. Memang tiba-tiba sekali," ucapnya.

Kemudian, dari arah Bandung ke Surabaya, melaju KA Argo Wilis yang menabrak gerbong KA Argo Semeru. Hanya dalam waktu cepat kedua kereta itu bertabrakan meski KA Argo Wilis sempat mengerem.

"Kalau dibikin menit, ya kurang dari 10 menitan lah ya," terang Kris.

Penumpang Terasa Anjlok
Di sisi lain, penumpang KA Argo Semeru mengaku merasakan saat kereta tiba-tiba anjlok. Tak lama setelahnya, terasa gerbong kereta keluar dari rel.

"Tadi tahu-tahu gerbang kita terasa anjlok, terutama yang di rangkaian kedua dan ketiga. Kebetulan kami di rangkaian kedua," ujar salah satu penumpang Argo Semeru, Sugeng Wiyanto, saat ditemui detikJogja di lokasi, Selasa (17/10).

"Untungnya tadi tuh kecepatan rendah, coba kalau tinggi parah pasti," imbuh warga Sidoarjo, Jawa Timur, itu.

Sumber: market.bisnis

No comments:

Post a Comment