Friday, March 10, 2023

Duit Rafael di Safe Deposit Box Mata Uang Asing, Jika Dirupiahkan Miliaran | PT Rifan Financindo



PT Rifan Financindo  - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkap temuan uang puluhan miliar rupiah milik mantan pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu Rafael Alun Trisambodo di safe deposit box sebuah bank. Uang itu ternyata dalam pecahan mata uang asing.

"(Pecahan) rupiah nggak kelihatan," kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat dihubungi detikcom, Jumat (10/3/2023).

Ivan tidak menjelaskan mata uang asing negara mana yang ditemukan dari uang puluhan miliar milik Rafael di safe deposit box. Dia menjelaskan pihaknya tidak menemukan adanya rupiah di lokasi tersebut.

"(Mata uang) asing pokoknya. Tanpa rp (rupiah)," ujar Ivan.

PPATK sebelumnya mengungkap temuan aset yang diduga milik mantan pegawai Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo. Uang itu ditemukan di safe deposit box sebuah bank.

"Iya," kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat dihubungi detikcom. Ivan menjawab soal temuan uang milik Rafael Alun di safe deposit box.

PPATK menyebut uang yang ditemukan di safe deposit box itu mencapai puluhan miliar rupiah. "Ya (puluhan miliar). Mata uang asing," jelas Ivan.

Ivan menambahkan uang puluhan itu rupanya nominal yang terpisah dengan mutasi rekening sebesar Rp 500 terkait Rafael Alun yang sebelumnya telah diblokir.

"Tidak (termasuk mutasi rekening Rp 500 miliar), terpisah," ujar Ivan.

Menurut Ivan, asal usul uang Rafael yang ditemukan di safe deposit box kini tengah ditelusuri.

"Sedang kami dalami dan penyidik nanti akan mengembangkan," kata Ivan.

Harta Rafael senilai Rp 56 miliar disorot setelah anaknya, Mario Dandy, ditetapkan sebagai tersangka kasus penganiayaan terhadap David Ozora. Harta yang disorot itu antara lain ketiadaan mobil Rubicon dan moge Harley-Davidson dalam LHKPN Rafael.

Padahal dua kendaraan itu kerap dipamerkan oleh Mario, yang berstatus mahasiswa, di media sosialnya. KPK juga telah melakukan klarifikasi terhadap harta Rafael. Selain itu, KPK memulai penyelidikan dugaan korupsi Rafael.


Sumber : news.detik
PT Rifan Financindo 

No comments:

Post a Comment