Wednesday, March 15, 2023

Surat Maryam Dibaca untuk Ibu Hamil, Apa Manfaatnya? | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo  -  Surat Maryam menjadi salah satu surat yang dianjurkan untuk dibaca oleh ibu hamil. Umumnya, ketika seorang muslimah menginginkan anak perempuan maka ia akan membaca surat Maryam, sementara jika mendambakan anak laki-laki maka disarankan membaca surat Yusuf.

Surat Maryam terdiri atas 98 ayat dan termasuk surat ke-19 dalam Al-Qur'an. Selain itu, surat tersebut turun di Mekkah yang artinya tergolong ke dalam surat Makkiyah.


Rizem Aizid dalam Buku Lengkap Fiqih Kehamilan dan Melahirkan, menyebutkan bila ada sejumlah surat dari Al-Qur'an yang dapat diperbanyak saat seorang wanita sedang mengandung, salah satunya Surat Maryam.


Penamaan Maryam pada surat tersebut karena berisi cerita mengenai Siti Maryam, ibunda Nabi Isa AS yang sangat menjaga kesuciannya. Beliau merupakan keturunan dari Nabi Daud dan terkenal sebagai sosok yang rajin beribadah.


Dalam buku Tafsir Al-Azhar oleh Hamka dijelaskan mengenai keistimewaan surat Maryam, yaitu kisah mengenai kelahiran dua orang nabi utusan Allah, yaitu Isa dan Yahya.


Terjadi sebuah keajaiban dari kelahiran Nabi Yahya, yaitu ketika Allah SWT mengabulkan permohonan ayahnya yang menurut beberapa riwayat ahli tafsir, umur Nabi Zakariya ketika beliau memohon kepada Allah untuk memberikannya seorang anak laki-laki ialah sangat tua, yakni lebih dari 70 tahun.

Manfaat Membaca Surat Maryam bagi Ibu Hamil

Merangkum arsip detikHikmah, surat Maryam diyakini memiliki deretan manfaat bagi janin. Biasanya, ketika seorang muslimah hamil membaca surat tersebut maka sang anak akan dianugerahi kecantikan lahir batin seperti sosok Maryam binti Imran yang dikisahkan dalam surat tersebut.


Maryam merupakan pribadi yang takut akan murka Allah SWT. Ia terkenal akan keimanannya, ketaatan, dan kesolehannya. Bahkan, Allah menyucikan dan melebihkan Maryam dari seluruh kaum perempuan lain, ini tersemat dalam surat Ali Imran ayat 42.


Arab latin: Wa iz qalatil-mala`ikatu ya maryamu innallaha??afaki wa ?ahharaki wa??afaki 'ala nisa`il-'alamin


Artinya: "(Ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata, "Wahai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilihmu, menyucikanmu, dan melebihkanmu di atas seluruh perempuan di semesta alam (pada masa itu),"


Mengacu pada sumber yang sama, ada sejumlah harapan yang bisa diharapkan ketika membaca surat Maryam, antara lain sebagai berikut:


Memohon dimudahkan dalam persalinan

Mengajarkan kesolehan dan melatih kejujuran sejak dalam kandungan

Supaya mendapat rahmat dan ridho Allah SWT

Harapan untuk kesuburan kandungan

Keinginan agar anak soleh dan solehah

Sebagai Surat yang Disarankan untuk Dibaca oleh Mukmin

Sementara itu, mengutip Mugi Rizkiana Halalia dalam bukunya yang bertajuk Menyiapkan Anak Jenius Sejak dalam Kandungan menuturkan tidak ada dalil yang absah fadilah membaca surat Maryam dan Yusuf terkait upaya ketampanan atau kecantikan seorang janin yang sedang dikandung.


Namun, jika diniatkan sebagai bacaan dan doa, kedua surat tersebut boleh dibaca ibu hamil dengan catatan tetap dilakukan sesuai anjuran agama Islam. Terlebih, surat Maryam termasuk ke dalam surat yang disarankan untuk dibaca orang mukmin, tidak hanya ibu hamil seperti dijelaskan oleh Ummu Abdillah Naurah binti Abdurrahman dalam buku Al-Ifadah Fima Ja'a Fil Wirif al-Wiladah.



Sumber : news.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment