Wednesday, November 1, 2023

Air Keran di IKN Bisa Langsung Diminum Mulai Ngalir Juli 2024

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Danis H. Sumadilaga mengatakan, air bersih di IKN siap mengalir pada Juni atau Juli 2024. Air bersih tersebut, nantinya akan memiliki kualitas air minum, jadi air yang keluar dari keran bisa langsung diminum.

"Insyaallah bulan Juni-Juli itu sudah terdistribusi air langsung minum," katanya di Kantor PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (27/10/2023).

"Juni-Juli itu mungkin tidak seluruhnya (dialirkan) tapi itu sudah kita tes, kita commissioning kalau itu berfungsi. Jadi masa, nggak ada air di gedung, ada lah," tambahnya.

Tak hanya air, Danis juga menyebutkan, listrik sudah bisa digunakan pada bangunan di IKN pada bulan Juni atau Juli 2024.

"(Listrik dan air) Insyaallah itu termasuk yang kita upayakan hadir di bulan Juni-Juli 2024. Tap water (air keran) sudah bisa diminum," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Danis H. Sumadilaga mengungkapkan, sumber air untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berasal dari Bendungan Sepaku Semoi dan intake dari Sungai Sepaku. Nantinya, air yang mengalir dari sumber tersebut memiliki kualitas air minum, sehingga bisa langsung diminum.

"Dari intake Sepaku sedang menyiapkan instalasi penyediaan air bersih kemudian memasang pipa sepanjang 17 km untuk menjamin kesediaan air minum. Intakenya air baku, kita proses dengan instalasi pengolahan air (water treatment plant) mungkin dengan kualitas bisa langsung diminum," tuturnya di Kementerian PUPR, Selasa (8/8/2023).

"Ini kalau ditotal dari intake sama dari Bendungan Sepaku Semoi itu sekitar 5.000 liter per detik. Nanti setiap orang di IKN akan mendapatkan air sekitar 150 liter per orang per hari, kita hitung asumsinya," tambahnya.

Ia menuturkan, air tersebut bisa aman diminum karena diolah dalam instalasi pengolahan air terlebih dahulu. Lalu, pipa untuk menyalurkan airnya juga memiliki kualitas food grade sehingga aman untuk dikonsumsi.

"Ini kan airnya harus diproses dengan instalasi pengolahan air, terus dipompa dikirim ke IKN. Pipanya itu ada lapisan di dalamnya, namanya (lapisan) food grade. Jadi air yang lewat situ dijamin tidak akan terkontaminasi oleh pipa. Karena pipa itu dilapisi bahasa sederhananya dilapisi beton, lapisan semen, yang menjamin kualitas airnya," paparnya.

Sumber : Finance.detik

No comments:

Post a Comment