Friday, November 24, 2023

Tips Keuangan untuk Mahasiswa Rantau

 Menjadi mahasiswa rantau memang sulit, apalagi untuk mahasiswa baru. Ketidakhadiran orang tua di perantauan merupakan salah satu faktornya.

Banyak dari mereka yang kesulitan untuk beradaptasi saat merantau untuk pertama kalinya. Selain itu, banyak juga yang kesulitan untuk mengatur keuangan sendiri.

Maka dari itu, mahasiswa yang merantau perlu belajar untuk mengatur keuangan sendiri. Adapuntips-tipskeuangan untuk mahasiswa yang merantau antara lain:

Buat budget bulanan
Tentukan budget bulanan. detikers dapat menggunakan aplikasi budgeting untuk mengontrol pengeluaran tiap bulanagartidak melebihi budget yang telah ditentukan.
Selain biaya hidup sehari-hari, tentukan juga biaya untuk menabung dan dana darurat.

Jalani hidup "murah"
Biasakan hidup dengan hemat saat berada di perantauan. Fokus dengan apa yang dibutuhkan bukan apa yang diinginkan apabila ingin menjalani hidup hemat. Tunda kepuasan untuk menekan budget bulanan.

Manfaatkan promo yang tersedia
Selalu cek promo-promo yang terdapat di e-commerce atau toko di sekitar detikers. Gunakan promo tersebut untuk membeli kebutuhan sehari-hari hingga makanan. Promo tersebut dapat membantu detikers untuk menghemat pengeluaran bulanan.

Cari pekerjaan sampingan
Cari pekerjaan part-time yang dapat dikerjakan saat waktu luang. Banyak pekerjaan part-time yang tersedia bagi mahasiswa, mulai dari penjaga kasir, pelayan, hingga barista.
Penghasilan yang didapat dari pekerjaan part-time dapat digunakan untuk biaya bulanan hingga untuk membeli peralatan yang dibutuhkan untuk kuliah.

Cari beasiswa
Saat ini banyak beasiswa untuk mahasiswa. Sebagian beasiswa tersebut menawarkan bantuan biaya hidup tiap bulan atau tiap semester. Bantuan biaya hidup yang ditawarkan dapat membantu detikers untuk membeli keperluan kuliah atau kebutuhan sehari-hari.

Selain mendapatkan bantuan biaya hidup, beasiswa pada umumnya juga menawarkan program-program yang dapat meningkatkan soft skills serta menambah relasi.
Itu diatipskeuangan untuk mahasiswa rantau yang dapat detikers pelajari.

Sumber : Finance.detik

No comments:

Post a Comment